Iklankan Potensi Desa Untuk Menarik Minat Investor, Di setiap desa, keberadaan BumDes (Badan Usaha Milik Desa) tentunya sangat membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat


Di Indonesia, beberapa wilayahnya dikatakan masih banyak di dominasi oleh kawasan pedesaan. Banyak yang beranggapan bahwa, tinggal di pedesaan identik dengan ketertinggalan. Tak hanya ketertinggalan di bidang masyarakatnya yang mendapatkan pendidikan yang rendah, beberapa orang juga menganggap hidup di desa juga mengalami ketertinggalan di bidang teknologi dan informasi.

Untuk menanggulangi beberapa anggapan-anggapan tersebut, pemerintah ternyata mempunyai peran andil yang akan membantu perkembangan desa. Karena ada setiap desa tentunya mempunyai beberapa potensi yang harus di gali supaya bisa terkekspos oleh public. Dengan demikian, daerah pedesaan bukan lagi menjadi bagian yang tidak dikesampingkan dari daerah-daerah lain seperti kawasan di perkotaan.

Banyak hal yang bisa di lakukan supaya desa bisa di kenal luas oleh dunia. Selain melakukan pendekatan pembangunan di daerah perbatasan, ternyata hal tersebut juga harus di dukung dengan pendekatan keamanan dan juga kesejahteraan. Tak hanya sampai disitu saja, bahkan di perlukan pula perekonomian yang masih agar setiap daerah khususnya desa di perbatasan dapat berkembang secara optimal untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Di setiap desa, keberadaan BumDes (Badan Usaha Milik Desa) tentunya sangat membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat. BumDes ini ternyata merupakan strategi untuk menarik investasi, terutama bagi beberapa daerah desa yang berada di perbatasan. Adanya hal ini, pihak kementerian desa pembangunan tertinggal dan transmigrasi atau kemdes memberikan himbauan kepada seluruh pelaku usaha agar bisa terlibat langsung dalam mendorong percepatan pembangunan daerah desa khususnya kawasan perbatasan desa.

Dalam prakteknya hal ini sangatlah penting di lakukan karena tidak hanya meningkatkan investasi di daerah tersebut, melainkan juga untuk mendorong perekonomian di desa-desa perbatasan. Pemerintahp un berharap bahwa, BumDes ini menjadi bagian terpenting yang mampu menopang perekonomian daerah, sekaligus juga bisa mengidentifikasi potensi yang menjadi karakteristik dari daerah itu sendiri.

Jika dilihat secara umum, banyak daerah desa yang berada di perbatasan mempunyai daya tarik tersendiri dan karakteristiknya masing-masing. Tak heran bahwa keberadaan BumDes ini bisa di katakan sebagai model bisnis sendiri yang bermodalkan potensi sumber daya yang di miliki. Sehingga diharapkan bahwa keberadaan BumDes juga mampu bekerja sama dengan para pelaku usaha yang berkaitan dengan potensi di desa dalam menjalankan bisnis mereka.

Adanya BumDes juga memberikan apresiasi terhadap program yang di miliki oleh Kementrian Desa dalam upaya menjadikan koperasi desa sebagai wadah untuk sebuah korporasi. Seperti yang di sampaikan oleh Thomas M Lembong Kepala Badan Koordinasi Modal (BKPM) yang mengatakan “ saya sangat mengapresiasi adanya program yang dimiliki oleh Kemdes, salah satunya dengan adanya koperasi yang memilki model yang sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing ”.

Thomas juga menambahkan bahwa upaya yang di lakukan Kementrian Desa (Kemdes) tersebut merupakan terobosan baru untuk bisa menjadikan dana desa sebagai modal awal untuk menstimulus perekonomian desa.

Tak hanya dengan BumDes, beberapa cara lain seperti pameran potensi desa juga terbilang efektif untuk memperkenalkan potensi kepada para investor. Pameran potensi desa tentu bisa dijadikan ajang promosi dan sosialisasi sebagai cara untuk meningkatkan pembangunan potensi di daerah pedesaan.


Salah satunya yakni Cianjur yang telah mengadakan pameran potensi desa serta sudah merasakan dampak positifnya. Bahkan, tak hanya daerah ini saja beberapa daerah lain pun telah sukses mengadakan pameran desa yang mampu meningkatkan potensi desa secara efektif dari pameran yang di selenggarakan Kementerian Desa dan Transmigrasi terebut.
Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours