dana aspirasi anggota dprd kabupaten, UP2DP atau yang Program Pembangunan Daerah Pemilihan ini di kenal dengan sebutan dana aspirasi.

Sumber: www.humas-protokol.sidoarjokab.go.id

UP2DP atau yang Program Pembangunan Daerah Pemilihan ini di kenal dengan sebutan dana aspirasi. Dana tersebut berasal dari DPR yang apabila dianalisa mirip dengan pork barrel budget yang sudah diberlakukan di Negara Amerika Serikat.

Bisa di katakan bahwa dana tersebut merupakan politik pork barrel untuk menjaga status  quo yang berlaku di anggota DPR dengan cara membayar balik jasa  konstituen dalam upaya kampanye sebelumnya dengan menggunakan uang Negara.

Dengan cara inilah anggota DPR akan mempunyai nama yang menarik di Dapilnya sehingga besar kemungkinan dirinya akan terpilih kembali menjadi pemilu berikutnya. Dalam prakteknya cara ini ternyata sudah dilegalkan di Amerika Serikat dan Filipina dan terbukti menang.

Di Indonesia sendiri, Dana Aspirasi tersebut telah berlaku di daerah Dompu. Hasil reses DPRD pada setiap kegiatan penjaringan aspirasi di tengah masyarakat. Aspirasi tersebut di tuangkan dalam perencanaan pembangunan yang berdasarkan dana pokok pikiran rakyat atau yang disebut dengan aspirasi DPRD yang masih menjadi perbincangan hangat oleh para politisi setempat. Ada pula yang menyebutkan bahwa program pembangunan yang tidak terjangkau dalam daftar perencanaan eksekutif akhirnya akan merealisasikannya melalui dana aspirasi.

Praktisi politik  dari partai Golkar yaitu Drs. Satria Irawan menyebutkan bahwa, jika semua warga lurah dan desa yang berada di seluruh kecamatan di kabupaten Dompu bisa mencermati adanya peningkatan pembangunan yang di laksanakan oleh pemerintah, seperti adanya proses pelaksanaan gang dan lorong yang selama ini berlumpur.

Maka saat ini keberadaan jalan yang berada di tengah kampung sudah di aspal dan di hotmix.  Adanya hal ini, tentu akan memudahkan transportasi  masyarakat terhadap hasil panen di sleuruh kabupaten Dompu, yang sebagian besar dana tersebut di dapat dari aspirasi seluruh anggota DPRD.

Sangat banyak dimana pembangunan dari dana aspirasi kami yang berasal dari DPRD kami anggap snagatlah membantu dalam proses peningkatan kesejahteraan oleh masyarakat Dompu. Jalan ekonomi yang berada di di sejumlah areal persawahan yang memudahkan petani untuk bisa mengangkut hasil dari pertanian mereka . Adapun anggaran pembangunan tersebut di dapat dari dana Aspirasi DPR “, jelas Satria Irawan.

Agar bisa menyebutkan satu persatu pembangunan yang di tandai melaui dana pola pikir tersebut, Satria Irawan juga menjelaskan bahwa hal tersebut bukanlah sesuatu yang harus. Akan tetapi para anggota DPRD Dompu sudah berupaya untuk mengisi pembangunan pada ruang-ruang yang kosong yang keberadannya belum sempat diisibi oleh bagian eksekutif.

”Artinya, pada setiap kegiatan pembangunan yang akan di danai oleh pola piikir (POKIR) itu bukan hanya berdasarkan pada daftar keinginan anggota DPRD, namun semata-mata hal tersebut juga berdasarkan dengan keinginan masyarakat yang mereka sampaikan pada saat kami turun reses, “tambah anggota DPRD Dompu wakil daerah pemilihan DAPIL satu ini.

Sementara ini, menurut kepala dinas pekerjaan umum PU yang bernama Ir. Abdul Muis yang di konfirmasi oleh wartawan terkait dengan dana POKIR tersebut membenarkan adanya anggaran sebesar Rp 3,8 M yang dikeluarkan untuk pembiayaan pembangunan drainase kota.

Dalam waktu dekat akan segera di tender, “Tegas Kepala Dinas Pekerjaan tersebut yang mengaku bahwa pada tahun anggaran 2016 tidak terdapat dana aspirasi DPRD Dompu yang di tender di dinas yang dipimpinnya.


Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours