Contoh Program Karang Taruna yang Bagus yang Bisa Diterapkan Di Desa Anda, program kerja karang taruna jangka pendek

Contoh Program Karang Taruna yang Bagus yang Bisa Diterapkan Di Desa Anda


Karang Taruna merupakan organisasi desa yang anggotanya merupakan pemuda dan pemudi dari desa tersebut. Karang Taruna menjadi salah satu partner pemerintah desa untuk bisa mewujudkan kemajuan perekonomian masyarakat. Organisasi ini dianggap sebagai tolak ukur kesuksesan para pemuda-pemudi desa, seberapa kreatif dan berkembangnya dalam upaya membangun desa.

Dalam menjalankan tugasnya, Karang Taruna memiliki beberapa program kerja yang disusun secara rapi. Tentunya program ini menyesuaikan keadaan desa setempat. Lalu apa saja program Karang Taruna yang bagus, berikut penjelasannya:

1.      Dalam Bidang Kesekretariatan
Ada beberapa contoh program Karang Taruna yang bagus. Sekiranya program tersebut memberikan dampak yang positif dan tidak melanggar norma dan undang-undang yang ada maka program yang digalakkan merupakan program yang bagus.

Salah satunya dalam bidang kesekretariatan. Misalnya, mengadakan pertemuan rutin setiap minggunya, pengadaan seragam, mengadakan iuran wajib sebagai kas untuk menyelenggarakan suatu program dan lain sebagainya. hal ini dilakukan untuk memupuk kekompakan dan kreatifitas dalam kelompok.

2.      Dalam Bidang Lingkungan Hidup dan Pariwisata
Dalam Bidang lingkungan hidup dan pariwisata, Karang Taruna dapat menyusun beberapa program seperti berikut. Misalnya saja mengadakan sosialisasi dan pelatihan tentang bagaimana pengolahan sampah. Memanfaatkan sampah menjadi barang-barang yang bisa digunakan kembali.

Atau mengadakan tempat sampah organik dan non organik, menggalakkan program menanam apotek hidup dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan sebagai upaya untuk menciptakan desa yang bersih, sehat dan nyaman.

3.      Dalam Bidang Pengabdian Masyarakat
Karang Taruna sebagai wadah generasi muda harapan bangsa merupakan salah satu sarana untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Program kerja yang bisa dicanangkan adalah melakukan kerja bakti membersihkan jalan, tempat ibadah dan lain sebagainya, atau melakukan bakti sosial ke panti-panti dan lain-lain.

Dan masih banyak lagi beberapa program Karang Taruna yang bagus yang bisa digalakkan. Bisa dalam bidang kewirausahaan, sosial, olah raga, publikasi dan dokumentasi, keagamaan, pengembangan sumber daya manusia dan lain sebagainya. Karang Taruna sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan kreatifitas dalam upaya mengembangkan dan  membangun desa agar lebih maju.



Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours