ayo ajukan proyek anda proposal perpustakaan desa, Pentingnya Perpustakaan Desa Untuk Masyarakat, Perpustakaan Desa juga hendaknya juga mampu menjalankan perannya


INOVASIDESA.COM - Perpustakaan Desa atau yang biasa disingkat Perpusdes adalah bukan hanya sebagai tempat membaca ataupun meminjam buku saja, namun merupakan juga bisa digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Hanya ada bebarapa desa yang sangat peduli dengan hal ini, tentunya kalau mau untuk membangun desanya masing banyak hal yang di dapat dari pembangunan perpustakaan daerah.

BACA JUGA : 3 Rekomendasi Usaha Desa Paling Besar Omset Pemasukan

Ada berapa elemen untuk membangun sarana dan prasarana perpustakaan desa antara lain :

1.       Bidang pendidikan, tentunya dari pemikiran instansi dinas pendidian untuk masyarakat desa bisa membantu dan memecahkan solusi.
2.       Pemerintahan desa, segala sesuatu yang telah di siapkan masalah tempat lokasi yang akan di bangun.
3.       Dinas sosial, merupakan segala sesuatu yang berhubungan bantuan untuk masyarakat tentunya dinas sosial bisa membantu.
4.       Penerbit, jadi bagaimana dengan isi perpustakaan desa nantinya, tentunya kita harus kerja sama dengan penerbit untuk buku-buku itu tersebut.

Bahkan bukan hanya itu saja, Perpustakaan Desa juga hendaknya juga mampu menjalankan perannya sebagai pemberdaya masyarakat dengan adanya pelatihan dan juga pendidikan. Misalnya saja pertanian modern, usaha ekonomi produktif dan pengolahan pangan atau yang lainnya.

BACA JUGA : Contoh Inovasi Di Desa Sebagai Omset Pendapatan

Konsep dari Perpustakaan Daerah yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat hendaknya didukung dengan adanya internet dan komputer, sehingga masyarakat bisa melengkapi informasi dari buku-buku yang dibaca. Yang kemudian infromasi tersebut bisa diserap, dijadikan ide dan diterapkan oleh masyarakat.

Dengan adanya Perpustakaan Desa ini, masyarakat tidak hanya mampu mengeluarkan program dan juga produk, melainkan mampu juga melakukan marketing onlinenya. Sehingga masyarakat dapat meningkatkan penjualan dengan jangkauan promosi yang lebih luas.

Sebagian besar masyarakat di desa berprofesi sebagai petani atau pekebun, dan dalam hal ini Perpustakaan Desa mampu memberikan pencerahan bagi masyarakat untuk bisa lebih maju dan modern. Dengan adanya computer/laptop dan internet yang mendukung, tentunya ini akan berdampak positif bagi masyarakatnya. Sehingga bisa menghasilkan bibit yang lebih unggul serta mampu menambah penghasilan.


Membaca adalah sumber dari keberhasilan karena keberhasilan adalah sumbernya gudang ilmu, semoga bermanfaat.

Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours