Bocah Cilik Ini Bikin Inovasi Terbaru cara membuat listrik dari pohon kedondong, naufal rizki aceh sang manusia listrik kedondong

                                                        Sumber : www.pikiranmerdeka.co

Naufal rizki asal kota langsa, Aceh yang baru saja duduk di kelas 3 MTSN Langsa Lama yang membuat viral di media sosial, Naufal rizki mampu membuat sumber energi listrik dari pohon kedondong. Presiden memberikan apresisasi kepada naufal, tidak hanya itu melainkan presiden memberikan motivasi kepada seluruh rakyat indonesia karena inovasi jarang yang di lakukan oleh anak SMP.

BACA JUGA : Contoh Inovasi Di Desa Sebagai Omset Pendapatan

Awal naufal melakukan eksperimen dari pohon kentang, lalu ia mencoba lagi melakukan eksperimen pada pohon mangga dan apa yang terjadi ternyata tidak sesuai. Setelah itu, dia mencoba pohon yang ada di sekitar kampungnya. ”Akhirnya saya menemukan kedondong pagar yang kadar asam atau getahnya mampu menghantarkan listrik,” ujarnya naufal yang bercita-cita ingin menjadi ilmuwan dan masuk Institut Teknologi Bandung itu.

PT Pertamina berkomitmen dan terus mendukung hasil  pengembangan serta penyempurnaan pengantar energi listrik dari pohon kedondong  itu yang dikembangkan Naufal Raziq. Anak usaha PT Pertamina tersebut berharap muncul inovasi serupa dari daerah lain apa yang di lakukan oleh naufal.
“Pertamina Aset I Field Rantau akan segera membantu pengembangan energi listrik dari pohon kedondong itu menuju skala yang lebih besar lagi” Ujur Manajer Humas Pertamina EP Muhammad Baron.

BACA JUGA : 4 Program Inovasi Desa 2017 | Inovasi Desa

Pengembangan energi listrik dari pohon kedondong ini menuju skala yang lebih besar, terutama keperluan untuk menerangi kampungnya yang belum lalu tersentuh oleh jaringan listrik. Apalagi, Naufal memang dida berasal dari Tampur Paloh, dusun yang jauh di pedalaman pelosok Aceh.

Penemuan Naufal merupakan kisah sukses si bocah ini sinergi antara Pertamina dan masyarakat dalam hal menciptakan inovasi terbaru yang memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di desanya. Ini merupakan contoh untuk anak daerah-daerah lain di Indonesia.


Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours