4 Program Inovasi Desa 2019 | Inovasi Desa, novasi pemuda merupakan gagasan terbaru anak muda, sepertinya bukan juga terbaru melainkan aktif kembali

4 Program Inovasi Desa 2017 | Inovasi Desa

Inovasidesa.com - 4 Program inovasai pemuda desa yang tidak boleh di tinggalkan, merupakan kewajiban bagi masyarakat Indonesia. Sesuatu yang tidak ada program akan menyulitkan bagi inovator untuk berkarya.

Inovasi pemuda merupakan gagasan terbaru anak muda, sepertinya bukan juga terbaru melainkan aktif kembali yang pernah kepakuman pemuda.

BACA JUGA : 11 Cara Melaksanakan Padat Karya Tunai Desa Yang Tepat

Berikut 4 program inovasi desa yang harus dikembangkan melalui pemuda :
1.      Inovasi bidang keolahragaan
Didalam desa tentunya ada kepengurusan olahraga contoh saja kepengurusan sepak bola, rasa mustahil di desa tidak ada namanya olahraga. Didesa berbagai macam penggemar sepak bola, bola voli dan badminton misalnya. Olahraga seperti itu akan akan berkembang jika pemudanya mencintai olahraga, adanya kepengurusan, jalannya program latihan dan yang paling penting sekali adalah adanya agenda rutin turnamen.

2.      Inovasi bidang wirausaha
Wirausaha merupakan perkumpulan orang yang kreatif untuk mencari rezeki, yang namanya usaha tidak jauh dari kerja keras. Untuk memajukan desa lihat dulu potensi yang sedang berkembang di desa mu apa contoh saja di bidang pertanian. Bicara soal pertanian tentunya anda harus menciptakan alat dari  mesin pertanian. Contoh saja kalau di perbengkelan kamu bisa menciptakan mesin perontok padi, mesin panen padi. Pada saat ini yang sedang berkembang seperti itu.

3.      Inovasi bidang pembinaan pemuda desa
Pernah dengar di desa kalian namanya kenakalan remaja, dan bagaimana solusi supaya anak tidak tergolong anak nakal di desa. Melainkan inovasi pemuda mereka memberikan kegiatan yang di anggap penting dan memberikan dampak positif seperti pada poin No. 1 di atas dan juga mengaktifkan remaja masjid serta mengisi kegiatan di masjid. Bukan hanya di masjid saja kira-kira memberikan ilmu yang bermanfaat dan kegiatan rutin yang bukan hanya nongkrong dan ikutan mabuk yang tidak berguna.

BACA JUGA : 3 Desa Paling Indah Di Indonesia

4.      Inovasi bidang TIK

Tik adalah salah satu ilmu teknologi dan komunikasi yang mempunyai banyak manfaat. Dari pada hanya membuat status tidak bermanfaat di twitter, facebook dan media social lainnya. Internet bisa juga mempromosikan yang di akses di seluruh dunia missal poin 1, 2 dan 3 di atas. Gunakanlah internet untuk mempromosikan di medsos tentang penjualan, wisata, sharing ilmu tentang karang taruna.
Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours