Pola Yang Benar Makan Nasi Ketika Berbuka Puasa, berikut Pola hidup sehat di bulan Ramadhan


Berbuka puasa merupakan salah satu waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh kebanyakan umat muslim di dunia ketika di bulan ramadhan, berbuka puasa berarti membatalkan puasa dan menyantap makanan takjil yang telah di persiapkan.

 Ahli Gizi UGM Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih mengatakan, menjalani puasa dengan tubuh sehat dan bugar dapat dilakukan dengan menjaga asupan makanan sehat yang berkecukupan di saat berbuka dan sahur. "Misalnya saat berbuka jangan kalap memakan semua makananan yang tersaji," katanya di www.republika.co.id  (01/06/2017).

Makan nasi adalah kegiatan wajib yang harus di laksanakan oleh kebanyakan orang pada umumnya, banyak para ahli yang mengatakan bahwa ketika berbuka puasa diusahakan jangan mengonsumsi makan nasi terlebih dahulu karena akan mengganggu kesehatan manusia.

“Boleh makan gorengan, tetapi dibatasi misalnya dua biji saja. Demikian pula penggunaan santan jangan terlau kental agar tidak memberi beban dan kontribusi lemak tinggi dalam tubuh,” kata Mirza di www.republika.co.id  (01/06/2017).

Ada beberapa pola yang benar makan nasi ketika berbuka puasa yang sehat. Berikut diantaranya :

·         Pola yang benar makan nasi ketika berbuka puasa adalah jangan langsung menyantap nasi ketika berpuasa karena akan mengganggu sistem pencernaan khususnya lambung

·         Makan nasi secukupnya dan sewajarnya saja, karena apabila makan nasi terlalu berlebihan akan membuat sistem pencernaan bekerja ekstra dan hal tersebut bisa mengganggu kesehatan

·         Pola yang benar makan nasi ketika berbuka puasa lainnya adalah dengan mengusahakan makan makanan ringan terlebih dahulu seperti makan buah kurma atau makanan manis seperti yang telah dicontohkan oleh Rassullah SAW sebelum makan nasi.

Itulah pola yang benar makan nasi ketika berbuka puasa. Semoga bermanfaat.


Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours