Awal tahun 2022 bulan januari ini beredar lagi uang kertas pecahan lima puluh ribu dengan kondisi uang miscut atau misprint

Di awal tahun 2022 telah terjadi penyebaran uang Miscut atau misprint. Didunia ini tidak ada yang selalu sempurna, Begitu juga dengan mesin cetak uang Meskipun dibuat oleh mesin dan prosesnya paling ketat.


Dari sekian banyak uang yang di cetak ada berapa lembaran uang yang salah cetak atau miscut/misprint. Tetapi bukan berarti semua lembaran uang kertas yang di cetak itu semua sempurna.

Hal yang di kwatirkan takutnya uang kertas sudah beredar ke masyarakat, padahal uang kertas sudah di sortir terlebih dahulu.



Uang kertas biasa salah cetak bisa dibilang “sampah” dan seharusnya dibuang saja bahkan paling aman uang kertas dengan cara dimusnahkan. Meskipun sudah disortir artinya sudah dianggap sempurna, tetapi adakalanya yang lolos dan sampai ke tangan masyarakat.



Uang cacat akibat salah cetak dibagi menjadi 2 jenis.
1. Pertama, salah pemotongan
2. Salah printing (tinta meluber, buram, tidak jelas, membentuk bayang-bayang, dan sebagainya.



Sementara itu KUKI (Komunitas Uang Kuno Indosiar) mengunggah video tentang Uang Missprint dan Misscut ini di akun facebooknya, Selasa (4/1/2022).

"Mengapa bisa terjadi pencetakan uang seperti ini, Kenapa bisa lolos sensor atau lolos sortir dari Divisi pihak terkait hingga sampai beredar ke masyarakat" Ujar KUKI

"Bagaimana perkembangan harga uang ini kedepan, Punya Nilai Investasikah?
Mari kita belajar bersama tentang Numismatik Indonesia" ungkapnya.
Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours