Dukung Pemberdayaan dan Literasi dengan Semangat Membaca dari Dalam Diri, Salah satu faktor penyebab orang tidak gemar membaca adalah tidak pernah mengalokasikan waktu yang dimiliki


Dukung Pemberdayaan dan Literasi dengan Semangat Membaca dari Dalam Diri

Indonesia menjadi salah satu negara dengan minat baca yang masih sangat rendah, baik untuk anak usia dini sampai orang dewasa sekalipun. Menitik dari permasalahan yang ada, kini pemerintah mulai menggali minat baca masyarakat dengan pemberdayaan perpustakaan dan literasi.

Bukan hanya pemerintah saja yang berkontribusi pada hal ini. Anda juga memiliki kewajiban untuk mendukung tujuan pemerintah dengan menumbuhkan minat membaca mulai dari diri sendiri. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan!

1.   Alokasikan Waktu
Salah satu faktor penyebab orang tidak gemar membaca adalah tidak pernah mengalokasikan waktu yang dimiliki. Mulailah untuk mengatur waktu, misalkan 10 hingga 15 menit adalah waktu khusus membaca buku. Meskipun di awal akan terasa berat, ketika dijalankan secara terus menerus pasti jadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan. Setelah terbiasa mungkin Anda juga bisa menambah durasi waktu tersebut.

2.   Beli Buku Setiap Bulan
Belilah buku setidaknya satu buku berkualitas dan banyak dibaca orang setiap bulannya. Terlepas nanti akan dibaca atau tidak, yang penting sudah punya buku dahulu. Karena sudah membeli terus menerus maka suka tidak suka Anda akan dipaksa membaca buku tersebut. Sayang rasanya sudah beli mahal tetapi dibiarkan begitu saja.

3.   Gunakan Waktu Menunggu untuk Membaca
Dari pada waktu Anda terbuang sia-sia menunggu tanpa melakukan hal apapun, sebaiknya gunakan momen tersebut untuk membaca buku yang sudah dibeli. Misalnya saja saat menunggu angkutan, janjikan dan lainnya. Dari sini Anda akan mulai terbiasa membaca.

4.   Buat Target Bacaan
Sama halnya dengan tujuan atau target hidup, membaca juga harus memiliki target. Sebab jika tidak ditarget Anda akan sering menunda waktu untuk membaca buku. Buatlah rencana misalkan saja dalam minggu atau bulan ini Anda harus bisa menyelesaikan 1-3 buku untuk di-resume.

5.   Gabung dengan Komunitas
Diskusi bersama teman yang memiliki kebiasaan sama adalah cara paling ampuh dalam menjaga semangat membaca. Anda pun bisa ikut pada beberapa komunitas. Dari komunitas tersebut nantinya Anda bisa saling bertukar pikiran mengenai buku sudah dibaca, sehingga wawasan pun akan semakin luas.

6.   Paparkan Apa yang Sudah Anda Baca
Salah satu bagian terbaik dari membaca buku yaitu pesan atau ilmu yang Anda dapatkan. Agar ilmu yang Anda dapatkan bermanfaat secara nyata, maka sesekali paparan kepada yang lainnya. Jangan pernah merasa malu untuk berbagi ilmu, Anda pun bisa menyampaikannya lewat perkataan, perbuatan ataupun tulisan.

Kini bukan hanya pemerintah saja yang gencar meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia dengan terobosan pemberdayaan perpustakaan dan literasi. Agar tujuan pemerintah tidak menjadi sia-sia maka dukung dengan minat membaca di dalam diri sendiri terlebih dahulu. Di atas adalah beberapa kiat mudah menumbuhkan rasa membaca untuk diri sendiri. Selamat mencoba!


Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours