Contoh Inovasi Desa Bidang Infrastruktur, 4 Ide Pemanfaatan Dana Desa untuk Pembangunan Infrastruktur demi meningkatkan SDM desa tersebut


Contoh Inovasi Desa Bidang Infrastruktur


Biasanya dana desa cenderung memiliki jumlah yang cukup fantastis. Namun, sebagian pemerintah desa dan jajarannya tidak memanfaatkannya untuk program-program yang tepat sasaran. Nah berikut merupakan beberapa ide pemanfaatan desa untuk inovasi pengembangan infrastruktur demi meningkatkan SDM desa tersebut.

1.   Mendirikan Perpustakaan Desa
Ide pemanfaatan dana desa untuk pembangunan infrastruktur demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah dengan mendirikan perpustakaan desa. Kajian ilmu pengetahuan dari berbagai bidang tentunya dapat mengentaskan kemiskinan yang terjadi di suatu desa.

Pembangunan perpustakaan di suatu desa merupakan salah satu cara dan upaya yang strategi yang efektif untuk meningkatkan wawasan berpikir serta wawasan keilmuan masyarakat. Oleh sebab itu, program yang satu ini tidak bisa dijalankan setengah-setengah. Hadirkan berbagai buku yang lengkap dengan buku pilihan yang bermutu.

2.   Mendirikan Pusat Pendidikan  dan Pelatihan Keterampilan Informal
Nyatanya banyak sekali potensi desa yang belum tergali dengan baik. Hal ini disebabkan karena minimalnya mengenai cara meningkatkan kualitas produk, mengembangkan, hingga memasarkan produk dengan berbagai sarana dan media termasuk penjualan melalui sistem online.

Oleh sebab itu, pembangunan pusat pendidikan dan pelatihan ketrampilan informal bisa menjadi sarana dan prasarana bagi para remaja dan masyarakat desa untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan mengenai cara berperilaku yang baik sehat. Selain itu, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai wadah untuk menyalurkan kegiatan-kegiatan yang positif.

3.   Mendirikan Laboratorium Enterpreneurship Bagi Para Pemuda
Wawasan dan skill merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengesampingkan pengangguran. Hal ini harus berfokus pada bagaimana para masyarakatnya dapat menjadi lebih kreatif dalam memanfaatkan potensi desa yang dimiliki. Dengan demikian, masyarakat bisa mengembangkan produk khas dari desa tersebut sehingga menambah pendapatan lokal.

Saat ini, pada umumnya jenis usaha masyarakat desa hanya berkisar pada usaha warungan saja. Hal ini ternyata dapat memicu meningkatnya angka pengangguran yang dapat memancing dan memunculkan tindak kejahatan kriminal. Jadi dengan mendirikan laboratorium enterpreneurship mampu meningkatkan SDM masyarakat.

4.   Membuat Sumur Artesis di Sekitar Sawah Tadah Hujan
Ternyata banyak desa di Indonesia belum memiliki sistem irigasi yang baik, hal ini menyebabkan kegiatan pertanian hanya bergantung pada hujan saja. Hasil panen padi dan palawija yang hanya satu kali itu tentunya tidak dapat mencukupi. Hal ini akan menyebabkan banyak para petani yang lebih memilih bekerja serabutan saat musim kemarau tiba.

Apabila pembangunan irigasi cenderung membutuhkan dana yang cukup besar, pembuatan sumur artesis bisa menjadi solusi yang bisa dilakukan. Dengan membangun sumur artetis maka kegiatan pertanian tidak lagi bergantung pada hujan sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan mengurangi angka pengangguran dari desa tersebut.

Di atas merupakan beberapa ide dan contoh inovasi desa di bidang infrastruktur yang bisa dilakukan. Dengan membangun berbagai fasilitas di atas tentunya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengurangi angka pengangguran yang akan berdampak pada menambahnya pendapatan lokal.



Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours