Peluang Usaha Kreatif Karang Taruna Yang Menguntungkan, Organisasi ini biasanya memiliki tugas sosial yaitu untuk memajukan perekonomian masyarakat inovasidesa.com


Peluang Usaha Kreatif Karang Taruna Yang Menguntungkan

Karang Taruna merupakan salah satu organisasi yang berada di desa yang terdiri dari pemuda dan pemudi dari desa itu sendiri. Organisasi ini biasanya memiliki tugas sosial yaitu untuk memajukan perekonomian masyarakat agar lebih maju dan berkembang.

Krang Taruna merupakan partner pemerintah dalam usaha meningkatkan perekonomian masyarakat. Anak muda ini dipandang lebih memiliki ide dan kreatifitas yang menarik dalam membangun desanya. Berikut ini adalah peluang usaha kreatif Karang Taruna yang menguntungkan:

1.      Usaha Ekonomi Produktif (UEP)
Usaha kreatif Karang Taruna yang pertama adalah dengan membuka usaha ekonomi produktif. Peluang usaha ini tentu saja harus disesuaikan dengan keadaan kondisi lingkungan yang ada. Sehingga akan tercipta korelasi yang tepat antara usaha yang didirikan tersebut dengan masyarakat.

Misalnya saja, jika potensi desa merupakan potensi pertanian maka akan sangat membantu jika oleh Karang Taruna diadakan budidaya tanaman palawija atau tanaman pangan. Hal ini akan tercipta korelasi yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang ada.

2.      Mengelola Sampah
Sampah merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Hampir setiap hari setiap rumah selalu menghasilkan sampah. Jika sampah-sampah ini tidak dikelola dengan baik maka yang terjadi adalah sampah tersebut akan menimbulkan masalah yang serius bagi lingkungan.

Hal inilah yang bisa dijadikan peluang usaha kreatif Karang Taruna dalam mengelola sampah. Selain dapat menguntungkan dengan menghasilkan uang, mengelola sampah secara benar dapat menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman.

3.      Lembaga Keungan Mikro
Peluang usaha yang cukup menjanjikan yang bisa diambil alih oleh Karang Taruna adalah dengan membuka lembaga keuangan mikro. Hal ini bertujuan agar membantu perekonomian masyarakat agar nantinya lebih baik dan berkembang.

4.      Home Industri
Mengembangkan produk rumahan atau home industry menjadi salah satu langkah kreatif peluang usaha yang bisa dijalankan oleh Karang Taruna. Selain dapat memperoleh penghasilan dan memperbaiki perekonomian keluarga, industri rumahan juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan potensi desa.

Misalnya saja produksi kerupuk salak di daerah Banjarnegara yang mayoritas penduduknya adalah petani buah salak. Atau industri rumahan yang menjamur di sekitar kawasan Dieng untuk produk olahan manisan carica.

Sebagai generasi millenial, Anda juga bisa mengembangkan potensi desa dengan cara mempromosikannya melalui media sosial. Tidak harus terjun secara langsung ke lapangan, melainkan dengan cara yang lain untuk ikut berpartisipasi membangun desa.

Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours