Apa saja kegiatan karang taruna? berikut contoh kegiatan karang taruna pada bidang kesejahteraan sosial seperti bakti sosial dan bantuan sosial

Apa saja kegiatan karang taruna? Adapun kegiatan karang taruna adalah organisasi pemuda yang bergerak di bidang olahraga, sosial di masyarakat serta mengembangkan sumber daya manusia di desa tersebut.

Organisasi sosial kemasyarakatan sebagai perkumpulan anak muda serta sarana pengembangan anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang di wilayah desa adalah Pemuda Karang Taruna.

Setiap desa mempunyai organisasi Karang Taruna yang di SK kan oleh kepala desa. Peserta karang taruna adalah otomatis yang berusia 13 tahun sampai dengan 45 tahun. Didalam struktur organisasi karang taruna Kepala Desa sebagai Dewan Penasehat sedangkan Ketua BPD adalah sebagai Dewan Pembina.

Baca Juga : Inovasi Desa Ciptakan Usaha Kreatif Melalui Ide Karang Taruna

Berikut kegiatan karang taruna di bidang kesejahteraan sosial adalah:

1. Gotong Royong atau Bakti Sosial

Gotong royong mungkin jarang terdengar lagi di masyarakat yang tentunya di desa kita sendiri apa lagi di lingkungan perkotaan. Semenjak terbit undang-undang desa kerja bakti masyarakat sudah jarang, karena dengan alasan masyarakat takut sebagai bahan SPJ saja. Dengan adanya Pemuda karang taruna masalah kegiatan sosial seperti membersihkan parik kecil, membersihkan  tempat pemakaman serta membuat program desa bebas sampah, semua di lakukan bakti sosial pemuda karang taruna.

2. Bantuan Sosial

Bantuan sosial merupakan cara khas karang taruna untuk membantu masyarakat yang sedang mermerlukan dana kepada kaum duafa atau masayarakat yang sedang sakit.

Sumber bantuan ini merupakan dari donator-donatur dan sumbangan masyarakat untuk kaum duafa atau masyarakat yang sakit. Dengan adanya membuka donasi ini masyarakat yang sangat membutuhkan bisa tertolong dan teratasi.

3. Taruna Siaga Bencana (Tagana)

Taruna siaga bencana adalah merupakan relawan sosial berasala dari pemuda karang taruna desa yang bersiap siaga menanggulangi bencana alam. Bencana alam yang sering terjadi misalkan banjir, kebakaran, dan longsor. Ketiga ini yang sangat sering terjadi, dengan adanya taruna siaga bencana pihak desa sangat terbantu dan di dampingi Tim sar, kepolisian dan anggota TNI.

3 Contoh Kegiatan Karang Taruna Bidang Kesejahteraan Sosial yang ada di desa yang tidak bisa di tinggalkan, baik gotong royong, bantuan sosial dan taruna siaga bencana yang harus di laksanakan dan di bentuk sehingga sangat bermanfaat di lingkungan masyarakat kita. 


Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours