Inovasi Desa Ciptakan Usaha Kreatif Melalui Ide Pemuda Karang Taruna menciptakan terobosan terbaru mulai bergerak dari pertanian, perindustrian, dan usaha ekonomi produktif

pertanian

Inovasi desa adalah ide atau gagasan kreatifitas pemuda pemudi karang taruna yang menciptakan terobosan terbaru mulai bergerak dari pertanian, perindustrian, dan usaha ekonomi produktif.

Selamat datang ke blogger kami inovasidesa.com merupakan salah satu blogger yang menginformasikan tentang di lingkungan maupun di lapangan. Saat ini kami hanya memberi motivasi kepada pemuda atau yang di gerkan oleh lembaga yang di sebut Karang taruna.

BACA JUGA : 3 Desa Paling Indah Di Indonesia

Karang taruna adalah organisasi sosial untuk merekrut pemuda pemudi indonesia tujuan untuk mengembangkan generasi muda. Saat ini karang taruna sedang berkembang dengan hasil kerja yang semangat, oleh karena itu karang taruna memiliki program dan anggaran untuk mencapai sesuatu keberhasilan. Desa yang berkembang bukan hanya dari segi pembangunan tentunya perlu juga pemuda pemudi atau anggota karang taruna juga berkembang.

Pemerintahan desa hanya umum saja namanya tapi lembaga yang sudah di tunjuk sebagai kinerja yang harus di jalankan mulai dari perangkat desa, Bpd, Lpm dan lain-lain seluruh lembaga desa tidak kalah penting anggota karang taruna.

Karang taruna merupakan sumber untuk menjadikan pemuda yang mampu menciptakan kreatifitas dari segi sosial, budaya, olahraga, keagamaan dan kesenian. Hal ini khususnya di karang taruna pada seksi-seksi haruslah membauat progaram kegiatan atau pelaksanaan yang sudah di realisasikan rapat anggota yang di dukung oleh kepala desa. Tidak ada lagi keluhan desa untuk pemuda masalah anggaran, karena anggaran sudah di kemukakan pada saat rapat anggota dan musrembangdes.

Adapun berapa inovasi ekonomi produktif yang sedang berkembang :

1.      Bisnis furniture
Bisnis furniture adalah hasil kekayaan alam indonesia, dengan yang sangat beragam mulai dari tumbuhan dan kayu yang bisa di jadikan bahan sebagai furniture.

BACA JUGA : 11 Cara Melaksanakan Padat Karya Tunai Desa Yang Tepat

2.      Ikan lele
Kita ambil salah satu contoh ikan lele sangkuriang yang sangat populer di kalangan peternak ikan lele. Ikan lele ini di nilai sebagai ikan yang enak dan gurih. Tentunya kalau memelihara ikan tidak ada ruginya, kenapa tidak rugi kkarena kalau tidak laku tentunya kita untuk pribadi. Ikan lele sangkuriang lebih mudah berkembang cepat tepat 2 bulan lebih sudah bisa di panen.

3.      Bisnis catering
Bisnis ini yang gak ada matinya, sebut saja kuliner di mana-mana setiap orang butuh masakan yang praktis. Modalnya tidak seberapa, cukup dengan keahlian dan waktu luang hingga meraih kocek jutaan rupiah.

4.      Usaha sampingan
Usaha samping yang di lakukan di rumah, bentuk usaha tersebut seperti makanan ringan yang bisa di jual di kantin sekolah, warung, atau toko makan. Makanan ringan banyak berpariasi mulai kurupuk, kue kering dan lain-lain. zaman sekarang sangat mudah untuk promosi tentunya yang tau dengan media sosial bisa di iklankan lewat grub pacebook atau media lainnya.


Share To:
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours