Bulan Ramadhan atau bulan suci puasa ternyata memiliki keunikan tersendiri dari tradisi yang biasa di lakukan oleh masyarakat pada umumnya

 Tradisi atau kebiasaan adalah sesuatu hal yang sering dilakukan sejak lama dan sampai sekarang masih di laksanakan, baik tradisi dalam suatu lingkungan, tradisi bebudaya, hingga tradisi dalam berpuasa.

Bulan Ramadhan atau bulan suci puasa ternyata memiliki keunikan tersendiri dari tradisi yang biasa di lakukan oleh masyarakat pada umumnya, dari negara satu dengan negara lain juga pasti memiliki tradisi yang berbeda-beda. Seperti halnya negara Indonesia memiliki tradisi tersendiri dalam berbuka puasa yang menjadi karakter dan ciri khas bangsa.

Baca Juga :

6 Makan Khas Daerah Indonesia Yang Mendunia

Tempat Ngabuburit Paling Asyik, Selama Bulan Ramadhan

Berikut adalah tradisi unik berbuka puasa di Indonesia, antara lain ialah.

1.      Kolak sebagai primadona menu takjil

Saat bulan puasa, dimana-mana pasti anda akan menjumpai menu takjil kolak. Ini karena kolak telah menjadi primadona makanan berbuka puasa saat bulan ramadhan. Namun selain kolak, ada juga beberapa makanan dan minuma manis lainnya.

2.      Berbuka puasa bersama di masjid atau mushola

Tradisi ini biasanya banyak di jumpai di daerah atau desa-desa. Mulai dari sore menjelang berbuka puasa, orang-orang sudah mulai berkumpul di masjid. Biasanya diawali dengan pengajian baru kemudian berbuka puasa secara bersama-sama dengan menyantap menu takjil yang telah di sediakan.

3.      Ngabuburit

Kata ngabuburit memang telah booming di kalangan masyarakat di Indonesia, ngabuburit adalah berjalan-jalan untuk sembari menunggu adzan magrib tiba untuk berbuka puasa. Hal tersebut telah menjadi tradisi unik turun menurun di Indonesia

Demikian merupakan tradisi unik berbuka puasa di Indonesia. Mana yang akan anda pilih?         

Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours