Pulau Jawa adalah pulau yang paling banyak dihuni di dunia dengan kisaran masyarakatnya yang lebih dari 140 jutaan

Fakta unik tentang Indonesia di mata dunia, Rasanya ada banyak sekali sisi yang menarik untuk digali. Entah itu dari kearifan lokal, budaya, tradisi, kuliner, wisata, hingga keramahan masyarakatnya yang tersohor hingga ke penjuru dunia. Indonesia, negeri gemah ripah loh jinawi yang berhasil menghipnotis banyak orang untuk masuk dan bercengkerama dengan alamnya ini juga menyimpan karakteristik tersendiri yang patut dibanggakan oleh kita sebagai generasi mudanya.

Seperti ada kebahagiaan yang tidak terkira begitu mendengar bahwa nama bangsa tercinta ini telah tekenal berkat keunggulan-keunggulan yang dimilikinya. Sebagai bukti, 20 fakta unik tentang Indonesia di mata dunia berikut ini akan membuat kita tercengang.

1.      Indonesia merupakan negara yang mempunyai jumlah pulau terbanyak dengan total mencapai 17.508 pulau dan 6000 diantaranya berpenghuni.

2.      Pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia meningkat yakni sekitar 250 jutaan dan akan terus bertambah setiap tahunnya. Tak heran jika Indonesia sukses menggasak predikat sebagai negara dengan penduduk terbanyak nomor 4 di dunia setelah China, India, dan Amerika.

3.      Pulau Jawa adalah pulau yang paling banyak dihuni di dunia dengan kisaran masyarakatnya yang lebih dari 140 jutaan.

4.      Marco Polo, orang Eropa yang mengunjungi Indonesia pertama kali.

5.      Kepulauan Indonesia termasuk dalam jajaran “Ring of Fire” atau lingkaran api dimana terdapat 400 volkano aktif dan tercatat mengalami gempa 3 kali per harinya.

6.      Bahasa Indonesia merupakan bahasa kesatuan. Namun masyarakat Indonesia mengenal lebih dari 700 bahasa.

7.      Persentasi sebanyak muslim di Indonesia 87.2 % menjadikan Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia.

8.      Budaya minum kopi diperkenalkan oleh bangsa Hindia Belanda Timur ke Indonesia pada tahun 1696.

9.      Indonesia ternyata penghasil gas rumah kaca terparah ke tiga di dunia.

10.  Jakarta merupakan wilayah padat penduduk terbesar di dunia tanpa sistem kereta bawah tanah sehingga rawan kecelakaan.

11.  Sumber Daya Alam Indonesia menduduki posisi kedua setelah Brazil.

12.  Meski masuk dalam anggota G20 (Organisasi untuk kemajuan ekonomi dunia) nyatanya rakyat Indonesia hidup dengan biaya 2$ atau sekitar 26.000-an.

13.  Pulau Banda Indonesia, merupakan supplier buah pala nomor satu di dunia.

14.  Orang Indonesia banyak yang percaya tahayul.

15.  Hubungan Intim masih tabu di Indonesia.

16.  Di Indonesia, makna kata kissing berarti cium pipi kanan dan kiri. Sejumlah orang ada yang menggosok hidung pada keluarganya untuk menunjukkan kasih sayang.

17.  Badak Jawa adalah spesies endemik yang hanya ada di Pulau Jawa. Federasi Badak Internasional mengatakan bahwa 50 ekor badak di Ujung Kulon hampir punah.

18.  Kadal terbesar di dunia yaitu Komodo terdapat di Indonesia. Berita tentang keberadaan komodo dipublikasikan oleh Belanda tahun 1910.

19.  Indonesia adalah pemasok minyak sawit terbesar di dunia.

20.  Krakatau, situs erupsi vulkanik terbesar yang pernah melambungkan popularitasnya di dunia. Letusan Krakatau pada 27 Agustus 1883 mengakibatkan Tsunami dengan ketinggian 40 meter, kecepatan 311 meter per jam. Imbasnya sampai ke Srilanka dan Australia serta menelan 36.000 nyawa.

Demikian sederet fakta unik tentang Indonesia di mata dunia. Semoga menginspirasi.

Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours