Mengintip Beberapa Contoh Kasus Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia, contoh kasus pemberdayaan masyarakat yang ada di Indonesia


Beberapa Contoh Kasus Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil bumi. Banyak sekali sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan. Namun tidak semua orang mampu memanfaatkan sumber daya tersebut, sehingga banyak sekali permasalahan yang belakangan ini muncul.

Anda sebagai warga Indonesia tidak perlu khawatir, karena sebenarnya ada cukup banyak cara untuk memanfaatkan sumber daya alam maupun manusia yang dapat dilaksanakan. Di bawah ini akan disebutkan beberapa contoh kasus pemberdayaan masyarakat yang ada di Indonesia:

1.   Pemberdayaan Kampung Inggris di Kabupaten Kediri
Kampung ini sebenarnya kampung seperti biasa yang biasa dijumpai, di sana juga awalnya tidak mengenal sama sekali Bahasa Inggris. Namun seorang pelopor bernama Mr. Kalen menamai Kampung Inggris dan pendiri BEC (Basic English Course), mulai memberdayakan masyarakat di desa dengan memberikan pendidikan gratis.

Hasilnya, hingga sampai saat ini nama Kampung Inggris menjadi tempat tujuan utama bagi masyarakat Indonesia untuk belajar Bahasa Inggris, baik untuk keperluan melamar pekerjaan maupun melanjutkan pendidikan.

2.   Pemberdayaan Masyarakat Bidang Ekonomi Seperti Kampung Blogger di Magelang Jawa Tengah
Pemberdayaan kampung blogger ini didirikan oleh Sumbodo Malik. Di kampung ini masyarakat dilatih untuk mengelola blog serta menulis konten-konten yang berkualitas. 

Tujuan dari dibentuknya Kampung Blogger ini adalah untuk meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat di sana. Contoh kasus pemberdayaan masyarakat ini bisa dikatakan berhasil, karena banyak pihak yang berdatangan untuk mendapatkan penghasilan dari pembelajaran tersebut.

3.   Pemberdayaan Hidroponik
Solusi ini menjadi salah satu pemberdayaan untuk masyarakat daerah perkotaan agar dapat membuat tanaman yang berkualitas. Pelatihan hidroponik bisa dilakukan oleh dinas pertanian untuk memberikan ilmunya kepada masyarakat.

4.   Pemberdayaan di Bidang Budaya, Seperti di Dusun Giyanti Kadipaten Kecamatan Selomerto Wonosobo
Pemberdayaan masyarakat di dusun Giyanti dengan memberikan pelatihan Tari Lengger, gamelan dan pembuatan topeng.  Hal ini menjadikan dusun Giyanti menjadi salah satu desa  wisata di Wonosobo yang bisa dikunjungi.

5.   Pemberdayaan di Bidang Agama seperti Pondok Pesantren
Pemberdayaan ini menjadi contoh kasus pemberdayaan masyarakat yang bisa dijadikan inovasi untuk pembangunan wilayah Anda. Pembuatan pondok pesantren juga dapat memberikan pengaruh di masyarakat, contohnya adalah Desa Kalibeber Mojotengah Wonosobo.

Di sana banyak terdapat pondok pesantren yang dapat menambah keuntungan bagi warga masyarakat sekitar. Bahkan pondok pesantren yang ada pun memiliki santri/santriwati yang cukup banyak.

6.   Pemberdayaan Masyarakat Bidang Wisata Kampung Warna Warni di Kota Malang
Kampung ini menampilkan ciri khas warna warni yang apik untuk berfoto-foto. Pemberdayaan ini diawali karena kumuhnya kampung sehingga muncul inovasi untuk memperindah kampung dan bekerjasama dengan cat tembok avitex.

Akhirnya sampai saat ini kampung tersebut menjadi salah satu kampung yang paling berhasil dari hal pengembangan kreatifitas warganya. Dan untuk mendapatkan tambahan penghasilan , masyarakat banyak membuat dan berjualan souvenir yang ditawarkan untuk wisatawan.

Di atas adalah contoh kasus pemberdayaan masyarakat di beberapa wilayah Indonesia. Masih banyak lagi inovasi pemberdayaan masyarakat yang dapat Anda terapkan di desa Anda. Semoga bermanfaat


Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours