Tips Meningkatkan Hasil Pertanian untuk Peluang Usaha, tips meningkatkan hasil pertanian tersebut bisa Anda gunakan selain untuk memenuhi kebutuhan pangan, inovasidesa.com


Tips Meningkatkan Hasil Pertanian untuk Peluang Usaha

Pertanian memang sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia, mengingat Indonesia sendiri merupakan negara yang agraris. Sebagian besar masyarakat Indonesia juga memanfaatkan pertanian sebagai mata pencahariaannya.

Namun, tidak semua orang yang bertani itu mengerti apa pertanian sendiri dan belum bisa mengolahnya dengan baik. Padahal jika bisa dikelola dengan baik dan benar, pertanian tersebut bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan petani itu sendiri.

Nah, berikut tips meningkatkan hasil pertanian dengan baik dan benar:
1.      Intensifikasi Pertanian
Tips meningkatkan hasil pertanian ini lebih sering digunakan pada Pulau Jawa dan Bali, karena teknik intensifikasi ini sangat cocok diterapkan pada lahan pertanian yang sempit.

Pada intensifikasi pertanian ini juga bisa dilakukan bersama untuk menjalankan program tani desa atau usaha desa lainnya. Untuk pengolahan pada intensifikasi pertanian yaitu:
a.       Pengolahan lahan atau tanah yang baik
b.      Pengairan yang lancar dan teratur
c.       Pemilihan bibit yang unggul
d.      Pemupukan secara teratur dan sesuai takaran
e.       Rutin memberantas hama dan penyakit tanaman
f.       Pemeliharaan pasca panen

2.      Ekstensifikasi Pertanian
Tips meningkatkan hasil pertanian ini berbalik dengan teknik intensifikasi, karena pada teknik ini dilakukan dengan cara membuka dan memperluas lahan. Teknik ini sangat cocok untuk yang berdomisili di daerah yang belum padat penduduk atau dekat dengan hutan.
Teknik ini biasanya dilakukan di pulau Kalimantan, Sumatera dan pulau-pulau besar lainnya yang masih banyak lahan kosong dan hutan.

3.      Diversifikasi Pertanian
Untuk teknik diversifikasi pertanian, adalah salah satu jenis usaha yang memanfaatkan beberapa jenis produksi sekaligus. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari ketergantungan hanya pada satu produksi jenis tanaman. Misal pada satu lahan dipisahkan menjadi pertanian untuk tanaman makanan pokok seperti padi atau jagung, di sisi lain untuk menanam sayur.

4.      Mekanisasi Pertanian
Tips kali ini sudah lebih modern lagi, karena pelaksanaan teknik mekanisasi pertanian ini memanfaatkan mesin-mesin yang modern. Teknik ini lebih cocok digunakan pada lahan pertanian yang luas.
5.      Rehabilitasi Pertanian
Teknik kali ini memanfaatkan lahan yang awalnya tidak produktif diubah menjadi produktif atau biasa disebut dengan rehabilitasi pertanian.

Beberapa tips meningkatkan hasil pertanian tersebut bisa Anda gunakan selain untuk memenuhi kebutuhan pangan, juga bisa sebagai program pertanian usaha tani. Terkait apapun cara dan teknik pertanian Anda, pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan mana yang cocok dengan keadaan tanah di pertanian Anda

Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours