Kegiatan Karang Taruna Yang Menghasilkan Uang, Mendaur Ulang Sampah, Membuka Home Industry an bisa mengembangkan perekonomian masyarakat


2 Kegiatan Karang Taruna Yang Menghasilkan Uang, Patut Anda Coba

Siapa yang tidak mengenal Karang Taruna. Karang Taruna merupakan sebuah organisasi yang digunakan sebagai wadah untuk pemuda dan pemudi dalam upaya mengembangkan dan membangun desa. Pemuda dan pemudi desa dianggap sebagai agen perubahan yang mampu memberikan pengaruh yang posistif pada desanya.

Ada berbagai kegiatan yang dilakukan Karang Taruna sebagai pengabdian terhadap masyarakat, seperti kerja bakti, bakti sosial, sosialisasi dan lain sebagainya. Bahkan ada juga kegiatan Karang Taruna yang menghasilkan uang. Apa saja kegiatan tersebut? Berikut ini merupakan beberapa kegiatan Karang Taruna yang menghasilkan uang dan  bisa membantu perekonomian masyarakat:

1.      Mendaur Ulang Sampah
Sampah merupakan salah satu yang selalu menjadi masalah di tengah-tengah masyarakat. Akan tetapi keberadaan sampah sendiri merupakan sisa dari kegiatan masyarakat. Adanya sampah adalah yang menghasilkan masyarakat itu sendiri.

Akan tetapi jika sampah-sampah tersebut dapat dikelola dengan baik, maka akan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, misalnya saja pupuk tanaman ataupun uang. Salah satu kegiatan Karang Taruna yang berpotensi untuk menghasilkan uang adalah mengolah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat, misalnya pupuk, mengolah sampah plastik menjadi hiasan rumah dan lain sebagainya.

Semua hasil daur ulang tersebut bisa dijual dan menghasilkan uang. Uang tersebut bisa digunakan untuk melakukan kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat. Lingkungan menjadi bersih dan sampah pun bisa lebih bermanfaat.

2.      Membuka Home Industry
Kegiatan Karang Taruna lainnya yang bisa menghasilkan uang adalah dengan membuka produk rumahan atau home industry. Dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki lingkungan misalnya daerah penghasil buah apel, maka dapat membuka usaha rumahan pengolahan buah apel.

Buah apel dapat diolah menjadi sari minuman buah, sirup apel, manisa apel, keripik apel, es krim apel dan lain sebagainya. Selain mengembangkan potensi desa, usaha home industry ini juga bisa menghasilkan uang. Tidak lupa untuk mempromosikan hasil olahan tersebut, agar lebih dikenal luas oleh masyarakat.

Nah, itulah beberapa kegiatan Karang Taruna yang menghasilkan uang dan bisa mengembangkan perekonomian masyarakat. Apalagi jika kegiatan tersebut diberikan sosialisasi sebelumnya sehingga masyarakat akan lebih terpacu dalam menjalankan kegiatan yang bermanfaat tersebut.



Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours