Cara Mengembangkan Desa Mandiri, Strategi Dan Langkah Mengembangkan Desa Mandiri, Melakukan penyusunan PRJMD

cara Mengembangkan Desa Mandiri

                Untuk mewujudkan desa yang mandiri tentunya dibutuhkan keterlibatan dari semua elemen yang ada di desa, baik masyarakat maupun perangkatnya. Bahkan setelah berhasil mewujudkan desa mandiri, tentunya perlu selalu melakukan pembangunan.

Cara mengembangkan desa mandiri adalah semua elemen ikut berpartisipasi dalam melakukan pembangunannya. Sebab kerja sama antar pihak akan memudahkan untuk melakukan pembangunan.
Lalu apa saja langkah-langkah atau strategi dalam cara mengembangkan desa mandiri yang dibutuhkan? Simak penjelasannya berikut ini:

Dalam mengembangkan desa mandiri tentunya membutuhkan strategi yang digunakan untuk mendorong agar masyarakat mau terlibat dalam pembangunan desa mandiri. Strategi yang diperlukan dalam cara mengembangkan desa mandiri yaitu:
  1. Membangun kesadaran dalam kepentingan kolektif desa
  2. Secara bersama melakukan identifikasi mengenai ide-ide serta potensi pembangunan desa
  3. Selalu melakukan musyawarah desa secara bersama yang dilakukan oleh pemerintah desa dan BPD
  4. Melakukan penyusunan PRJMD jangkah menengah atau 6 tahun, yang kemudian dimasukkan dalam RKPD tahunan dengan melalui Musrenbagdes atau Musyawarah Pembangunan Desa
  5. Sesuai dengan prinsip desa mandiri, maka pelaksanaan pembangunan dilaksanakan serta diawasi oleh dari, untuk serta bersama masyarakat.
Adapun langkah-langkah dalam cara mengembangkan desa mandiri yang perlu dilakukan oleh pemerintah desa yaitu:
  1. Mendorong agar masyarakat desa aktif dalam melaksanakan perumusan kebijakan untuk melakukan pembangunan desa
  2. Melaksanakan pembangunan dalam sistem perencanaan serta pembangunan desa yang transparan, partisipatif, responsif serta akuntabel
  3. Membangun kelembagaan ekonomi desa yang produktif serta mandiri dengan berbasis potensi atau sumber daya
  4. Melakukan pengembangan terhadap sistem pembangunan set desa dean semakin bermanfaat dan produktif untuk masyarakat
  5. Mengembangkan nilai-nilai sosial dan budaya desa seperti keswadayaan, kerelawanan, gotong royong, serta kesetiakawanan masyarakat.
  6. Mengembangkan kerja sama desa untuk mendayagunakan potensi atau sumber daya yang telah ada
  7. Melakukan pembangunan terhadap informasi desa sebagai wujud dari keterbukaan informasi pembangunan termasuk dengan informasi tentang pasar, peluang usaha serta komoditas.
Cara mengembangkan desa mandiri tentunya membutuhkan peran dari berbagai elemen dalam desa. Peran masyarakat desa dalam konsep desa mandiri sendiri yaitu masyarakat harus dapat berpartisipasi secara aktif dengan melakukan identifikasi baik dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi.

Hal tersebut memang sejalan dengan prinsip desa mandiri yaitu dari oleh untuk dan bersama masyarakat. Sehingga setiap desa memiliki peluang yang sama untuk melakukan pengembangan. Beberapa hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan desa mandiri yaitu:
  1. Modal untuk mengembankan desa mandiri
  2. Peran masyarakat terhadap konsep desa mandiri
  3. Adanya peluang pengembangan
  4. Strategi yang digunakan untuk mengembangkan desa mandiri
Dengan demikian, cara mengembangkan desa mandiri yang telah dijelaskan di atas, hendaknya dipahami. Hal ini tentunya bermanfaat untuk mewujudkan pembangunan desa mandiri yang modern.


Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours