3 Contoh Inovasi Desa Bidang Ekonomi yang Bisa Anda Terapkan, Program inovasi desa salah satunya adalah Kewirausahaan dan Pengembangan Ekonomi Lokal

Contoh Inovasi Desa Bidang Ekonomi
Contoh Inovasi Desa Bidang Ekonomi


Program inovasi desa salah satunya adalah Kewirausahaan dan Pengembangan Ekonomi Lokal. Meski terdengar cukup sederhana, namun sebenarnya hal ini harus diwujudkan dengan rencana yang matang, atau malah sebagian desa belum menemukan inovasi terbaik bagi mereka.

Oleh karena itu, hingga kini masih banyak desa atau perangkatnya yang mencari contoh inovasi desa bidang ekonomi yang sesuai dengan desa mereka, juga masuk dalam program inovasi desa Kewirausahaan dan Pengembangan Ekonomi Lokal.

Bidang ekonomi merupakan hal yang paling kompleks dan paling sering dibicarakan dimanapun tempat dan keadaannya, hal ini seperti tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Bidang ini selalu dikaitkan dengan permasalahan uang, dimana uang menjadi suatu barang pokok dan wajib dimiliki oleh setiap individu.

Untuk itu, banyak hal dilakukan untuk mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Tentunya pemerintah tidak tinggal diam mengenai hal tersebut, banyak cara mengatasi permasalahan ini, contohnya dengan pemberian sembako murah, bantuan pendidikan, bantuan kesehatan dan masih banyak lagi.

Tidak sampai pada itu saja, guna penanggulangan masalah tersebut, pemerintah juga menggalakkan gerakan inovasi pemanfaatan sumber daya alam maupun manusia yang mampu mendorong inovasi desa dalam mencapai kesejahteraan masyarakat, contoh inovasi desa bidang ekonomi salah satunya yaitu dalam bidang pariwisata, perdagangan, pertanian. Berikut beberapa contoh diantaranya adalah :

1.      Pemanfaatan Hutan Menjadi Pasar Kumandang
Pasar Kumandang terletak di Dukuh Bongkotan, Desa Bojasari, Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo, hutan tersebut dimanfaatkan warga masyarakat Bongkotan untuk dijadikan pasar dengan keunikan lokal seperti penggunaan Bahasa Jawa, cara pembayaran dengan kepingan bambu, dan yang dijual pun merupakan jajanan khas tradisional seperti tiwul, cenil, wajik, dan masih banyak lagi.

Pasar kumandang ini memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik para wisatawan dalam maupun luar wonosobo untuk berkunjung. Nah, pemanfaatan desa menjadi tempat wisata ini menjadi salah satu contoh inovasi desa dalam bidang ekonomi dengan mengurangi angka pengangguran dan menambah pendapatan desa.

2.      UMKM Pembuatan Combro
Usaha pembuatan combro juga termasuk dalam contoh inovasi desa bidang ekonomi, dalam usaha ini mampu mempekerjakan masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan sehingga mampu mengurangi angka pengangguran di suatu desa.

Contoh pembuatan combro ini ada di Dusun Limbangan Desa Kadipaten Kecamatan Selomerto, disana memiliki beberapa karyawan yang merupakan orang-orang yang tinggal di wilayah tersebut.

3.      Kelompok Wanita Tani
Kelompok wanita tani ini biasanya melakukan penanaman seperti sayuran, buah-buahan, umbi-umbian untuk dijual kembali, ini akan menghasilkan pendapatan sendiri bagi desa, dan juga akan mengurangi angka pengangguran dalam desa tersebut.

Contohnya di Dusun Manggis, Desa Kadipaten Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo, di desa tersebut ada kelompok wanita tani yang menanam berbagai sayuran, disana juga menjual hasil perkebunan buah salak.

Masih banyak contoh inovasi desa bidang ekonomi, mungkin disekitar Anda masih banyak. Mari sebagai warga masyarakat senantiasa membantu mendukung program inovasi desa demi tercapainya kehidupan yang sejahtera.


Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours