Bagaimana, mudah bukan meningkatkan minat baca siswa di sekolah? Dengan beberapa strategi jitu di atas pemberdayaan perpustakaan sekolah akan lebih mudah diterapkan


Strategi Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa

Berdasarkan data dari UNESCO, minat baca pada anak-anak Indonesia masih sangat kurang. Hal ini ditunjukkan dengan presentasi 0,01 yang bisa diartikan bahwa dari 10.000 anak Indonesia hanya ada satu orang saja yang suka membaca. Berkaca dari permasalahan tersebut kini pemerintah mulai melakukan pemberdayaan perpustakaan sekolah demi meningkatkan minat baca siswa sejak dini.

Menumbuhkan minat membaca pada anak bisa dikatakan gampang-gampang susah. Semuanya akan terasa mudah ketika dilakukan dengan strategi yang tetap dan sesuai dengan minat anak. Nah berikut ini adalah beberapa strategi untuk mendorong minat baca anak di sekolah.

1.   Lengkapi Perpustakaan dengan Buku Bacaan yang Tepat
Sekolah biasanya identik dengan buku pelajaran, dan hal semacam ini sangat mudah membuat anak merasa bosan. Anda pun bisa menambahkan beberapa buku bacaan yang menarik untuk usia anak-anak. Dari sini mereka akan suka dengan salah satu buku dan secara otomatis ada minat untuk membaca.

2.   Tempelkan Slogan
Membuat slogan dan menempelkannya pada dinding adalah salah satu alternatif menarik untuk pemberdayaan perpustakaan sekolah. Buatlah slogan dengan pesan yang edukatif dan mampu menumbuhkan semangat siswa dalam membaca. Letakkan slogan pada setiap lokasi yang kerap dikunjungi agar pesan yang terkandung bisa tersampaikan.

3.   Ciptakan Suasana yang Nyaman
Siswa biasanya akan merasa bosan setelah berlama-lama di dalam kelas, sehingga pada saat istirahat akan membutuhkan spot yang nyaman. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menambah minat baca siswa melalui ruang baca perpustakaan yang nyaman dan berbeda dengan lainnya.

Sajikan berbagai macam koleksi buku yang di-update setiap minggu atau satu bulan sekali sesuai dengan jumlah anggaran dari sekolah. Selain itu buatlah penataan yang menarik misalkan saja sisi kanan khusus untuk spot baca buku pelajaran dan sisi satunya spot baca buku-buku komik, majalah, dan lainnya.

4.   Datangkan Penulis
Jika anggaran pemberdayaan perpustakaan sekolah dirasa memungkinkan maka tidak ada salahnya jika sesekali mengundang penulis favorit untuk membedah buku. Strategi meningkatkan minat baca siswa ini sangat jarang dilakukan oleh sekolah. Padahal mengundang penulis cukup ampuh menambah semangat siswa, karena mereka merasa bangga sudah bisa bertemu dengan penulis tersohor.

5.   Liburan dengan Membaca
Setelah liburan panjang pasti anak akan merasa malas lagi untuk membaca. Nah, untuk mengatasi rasa malas tersebut Anda bisa membuat rencana holiday project yang menyenangkan namun tetap produktif misalnya saja menggunakan kartu Bingo. Di dalam kartu tersebut sajikan berbagai macam instruksi yang harus dikerjakan setiap hari oleh siswa.

Masing-masing kotak bingo bisa diisi dengan berbagai macam aktivitas membaca, misalkan saja baca buku menjelang tidur, baca buku cerita sejarah di depan teman lainnya dan sebagainya. Hal ini akan menjadi tantangan bagi siswa dan harus bisa menyelesaikan semua tugasnya sebelum masuk sekolah.

Bagaimana, mudah bukan meningkatkan minat baca siswa di sekolah? Dengan beberapa strategi jitu di atas pemberdayaan perpustakaan sekolah akan lebih mudah diterapkan. Bukan hanya pihak perpustakaan saja, semua anggota di sekolah juga ikut andil di dalamnya termasuk guru.


Share To:

MTJ Blog

Post A Comment:

0 comments so far,add yours