Materi Sosialisasi Program Inovasi Desa yang Bisa Anda Terapkan Untuk Memajukan Desa, 4 materi sosialisasi program inovasi desa memberikan pengaruh positif


Materi Sosialisasi Program Inovasi Desa yang Bisa Anda Terapkan Untuk Memajukan Desa



Kemajuan suatu desa menjadi hal yang sangat diperlukan. Sebagai warga masyarakat yang baik, Anda harus bisa membawa perubahan yang positif untuk desa Anda. Perubahan untuk desa harus dilakukan seiring dengan perkembangan zaman yang ada, tentunya agar tidak desa tersebut tidak menjadi desa yang tertinggal.

Perubahan dapat dilakukan dalam bidang pendidikan, infrastruktur, pertanian maupun sumber daya manusianya. Prosesnya bisa dilakukan dengan sosialisasi-sosialisasi dari pemerintah, atau dari pihak yang mempunyai keterampilan khusus untuk membawa perubahan yang desa Anda harapkan.

Perubahan yang diharapkan harus mengarah untuk kesejahteraan masyarakat bersama, tanpa ada keinginan pamrih dari perseorangan, karena harus diingat bahwa Program Inovasi Desa dari pemerintah memang dibuat untuk kepentingan desa dengan menggunakan dana alokasi desa yang ada, bukan untuk kepentingan pribadi.

Di bawah ini ada 4 materi sosialisasi program inovasi desa yang bisa digunakan untuk memberikan pengaruh positif di desa Anda.

1.   Sosialisasi Program Keluarga Berencana
Keluarga Berencana menjadi salah satu program pemerintah untuk menanggulangi pertumbuhan penduduk di Indonesia. Indonesia negara kepulauan yang memiliki penduduk sangat banyak, dengan banyaknya jumlah penduduk dapat menyebabkan berkurangnya sumber daya alam, berkurangnya lahan tempat dan lapangan pekerjaan, munculnya berbagai kriminalitas.

Untuk itu, pada prinsipnya program keluarga berencana adalah untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga.

Materi sosialisasi program inovasi desa ini dapat Anda gunakan untuk memajukan masyarakat di desa dengan memberikan kesadaran tentang akibat pertumbuhan penduduk, sehingga desa Anda menjadi desa yang sadar akan pentingnya keluarga berencana.

2.   Sosialisasi Program Perpustakaan
Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, masyarakat menjadi berwawasan sehingga bisa membantu memajukan kesejahteraan warga. Program perpustakaan ini dapat Anda gunakan sebagai inovasi untuk menumbuhkan minat baca warga masyarakat di desa Anda supaya lebih berpengetahuan dengan memberikan fasilitas perpustakaan desa menggunakan alokasi dana desa yang sudah diberikan pemerintah.

3.   Sosialisasi Pemanfaatan Hasil Bumi
Desa dengan mayoritas penduduk sebagai petani tentu memiliki hasil bumi, bisa berupa buah-buahan, sayuran dan umbi-umbian. Namun kebanyakan warga lebih sering menjual hasil bumi dalam keadaan mentah. Padahal beberapa hasil bumi bisa dimanfaatkan untuk diolah dan menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

Melihat kondisi tersebut, Anda bisa berinovasi untuk memberikan materi sosialisasi program inovasi desa tentang pemanfaatan hasil bumi untuk membantu kesejahteraan warga, karena dengan adanya pengolahan hasil bumi tersebut nantinya akan tercipta lapangan pekerjaan baru untuk membantu warga masyarakat yang pengangguran.

4.   Sosialisasi Pengolahan Sampah
Pembuangan sampah menjadi masalah yang sangat kompleks di masyarakat. Pembuangan sampah yang sembarangan akan meresahkan warga karena akan mengganggu keindahan dan menyebabkan bau busuk sekitar desa.

Untuk menanggulangi masalah tersebut, Anda bisa berinovasi membuat sosialisasi pengolahan sampah baik sampah organik maupun non organik untuk masyarakat agar memberikan kesadaran kepada warga, serta memberikan pengetahuan tentang bahaya adanya sampah yang berserakan.

Materi sosialisasi program inovasi desa diatas dapat dijadikan sebagai alternatif penyelesaian masalah penduduk yang ada di desa Anda. Semoga dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan menumbuhkan kesadaran dan menjadikan desa Anda lebih maju dan sejahtera.




Share To:

Turnado Days

Post A Comment:

0 comments so far,add yours