Manfaat Pemberdayaan perpustakaan sebagai sarana menuju masyarakat mandiri adalah salah satu cara pemerintah meningkatkan kesejahteraan sosial dengan budaya membaca


Manfaat Pemberdayaan Perpustakaan Sebagai Sarana Menuju Masyarakat Mandiri

Pemberdayaan perpustakaan sebagai sarana menuju masyarakat mandiri adalah salah satu cara pemerintah meningkatkan kesejahteraan sosial dengan budaya membaca. Sejalan dengan tujuan tersebut, kini perpustakaan bukan hanya menjadi tempat untuk membaca saja namun bisa menghadirkan berbagai macam manfaat lain untuk kemajuan masyarakat, berikut diantaranya.

1.   Fungsi Simpan Karya
Ada banyak sekali penulis asal Indonesia yang cukup terkenal baik itu penulis novel, komik, buku bacaan, dan lain sebagainya. Dari sini perpustakaan bisa dijadikan sebagai sarana untuk menyimpan berbagai macam karya penulis Indonesia dan hasil karya dari masyarakat setempat.
Misalkan saja seorang petani berhasil membuat irigasi air yang bisa menyuplai pasokan air meskipun kemarau berkepanjangan. Karya masyarakat ini bisa dibukukan dan dijadikan referensi bagi para petani lainnya dalam mengelola sawah menggunakan irigasi yang tepat.

2.   Fungsi Informasi
Sebagai sumber atau gudang dari berbagai macam ilmu, perpustakaan wajib memberikan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pemberdayaan perpustakaan sebagai sarana menuju masyarakat mandiri akan terasa lebih mudah dijalankan karena masyarakat bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan membagikannya ke masyarakat lainnya.

3.   Menambah Relasi Pertemanan
Semakin sering masyarakat bersosialisasi dengan orang baru, maka skill dalam berkomunikasi juga akan semakin meningkat dengan sendirinya. Di perpustakaan semua pengunjung memang tidak boleh gaduh, namun Anda masih tetap diperbolehkan untuk berbicara dengan lainnya asalkan suaranya pelan.

Saat duduk di pojok baca pengunjung perpustakaan bisa saling berkenalan dan bertukar pikiran. Setiap orang tentunya memiliki wawasan berbeda satu dengan lainnya yang akan memberikan manfaat di kemudian hari. Misalkan saja si A memiliki bakat berjualan dan si B paham dengan dunia teknologi, ketika wawasan keduanya digabungkan maka mereka bisa berjualan dengan cara online dan offline.

4.   Visualisasi Untuk Berkeliling Dunia
Tidak semua masyarakat memiliki cukup banyak uang untuk berlibur dan berkeliling ke tempat-tempat indah yang ada di berbagai belahan dunia. Hadirnya perpustakaan membantu mereka travelling, sebab ada banyak buku yang menyajikan berbagai macam informasi sekaligus dengan gambar. Setidaknya dengan gambar pada buku masyarakat bisa visualisasi sedang berada di tempat tersebut.

5.   Meningkatkan Kreativitas
Terkadang masyarakat dituntut untuk selalu kreatif dalam menghadapi perkembangan zaman. Misalkan saja di dunia pertanian, saat ini sudah ada berbagai macam cara dan tips pertanian modern yang ditulis ke dalam buku. Dengan membaca masyarakat akan semakin tergugah dan mulai menciptakan pertanian yang modern di desanya.

Selain itu untuk beberapa orang yang saat ini sedang menganggur pemberdayaan perpustakaan sebagai sarana menuju masyarakat mandiri sepertinya akan sangat membantu. Beberapa buku yang menyajikan cara pengelolaan hasil tani dan lainnya bisa menjadi referensi untuk menciptakan inovasi baru dalam berwirausaha, sehingga secara tidak langsung angka pengangguran juga akan berkurang.

Di atas adalah beberapa manfaat dari pemberdayaan perpustakaan sebagai sarana menuju masyarakat mandiri. Kali ini bukan hanya pemerintah saja yang harus berkontribusi di dalamnya, namun semua lapisan masyarakat juga wajib ikut andil demi terwujudnya masyarakat yang mandiri dan mampu bersaing dengan perkembangan zaman.


Share To:

MTJ Blog

Post A Comment:

0 comments so far,add yours