Contoh Kasus Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan Dari Pemerintah, Pemberdayaan Melalui Penanggulangan Penyakit Kaki Gajah

3 Contoh Kasus Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan Dari Pemerintah



Menurunnya tingkat kematian adalah contoh kasus pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan yang semakin membaik. Ada cukup banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat agar bisa hidup lebih baik. Berikut adalah beberapa langkah pemerintah dalam mengatasi berbagai macam penyakit berbahaya.

1.   Pemberdayaan Melalui Penanggulangan Penyakit Kaki Gajah
Akhir-akhir ini pemerintah telah menyelenggarakan bulan eliminasi kaki gajah secara menyeluruh ke semua kabupaten dan kota yang ada di Indonesia. Pada bulan Oktober 2018, semua masyarakat yang tinggal di kawasan endemis Kaki Gajah dihimbau untuk meminum obat pencegah secara serentak.

Kegiatan yang seperti ini dikenal dengan istilah POPM atau Pemberian Obat Pencegah Massal. Salah satu tujuannya adalah agar Indonesia bebas dari Penyakit Kaki Gajah hingga tahun 2020. Adapun obat minum Kaki Gajah terdiri dari kombinasi tablet Albendazole 400 mg dengan tablet Diethylcarbamazine 100 mg.

Kedua obat tersebut harus dikonsumsi oleh seluruh masyarakat wilayah endemis Penyakit Kaki Gajah mulai usia 2 hingga 70 tahun dengan dosis masing-masing. Dosis untuk anak usia 2 hingga 5 tahun sebanyak satu banding satu. Sedangkan usia anak 6 hingga 14 tahun 1:2 dan usia di atasnya sebesar 1:3.

Contoh kasus pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan melalui pencegahan penyakit kaki gajah ini dilakukan setahun sekali selama lima tahun agar rantai penularan sepenuhnya bisa hilang. Setiap orang yang mengonsumsi bukan hanya bisa terhindar dari kaki gajah saja, namun juga mematikan cacing yang ada di dalam tubuh.

2.   Pemberdayaan Melalui Penanggulangan Penyakit Campak dan Rubella
Menitik ada tingkat kecacatan pada anak yang semakin besar, pemerintah mulai mengadakan imunisasi MR secara bertahap yaitu pada pertengahan tahun 2017 dan 2018. Tujuan dari pelaksanaan ini adalah memutuskan transmisi penularan penyakit campak dan rubella dengan cepat.

Contoh kasus pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan dengan imunisasi MR terus ditingkatkan sebab setiap orang yang terkena rubella akan mengalami cacat luar biasa seperti kebutaan meskipun tingkat kematian rendah. Penyakit campak dan rubella tidak bisa diobati namun bisa dicegah dengan pemberian vaksin dari umur 9 hingga 15 tahun agar rantai penularan penyakit tersebut bisa dimatikan.

3.   Perbaikan Gizi Buruk
Polio adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena adanya penularan virus polio. Virus ini pada umumnya menyebar ke orang lain melalui tinja, makanan, dan air liur. Meskipun Indonesia sudah dinyatakan bebas dari penyakit polio, ternyata WHO masih menganjurkan upaya imunisasi secara berkala.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah pun melakukan pemberdayaan kesehatan masyarakat dengan imunisasi polio Oral Polio Vaccine (OPV) dan Incativated Polio Vaccine (IPV). OPV diberikan saat bayi lahir, usia 2, 4, 6, 18 bulan sedangkan IPV diberikan saat anak berusia 2, 4, 6, 18 dan 6-8 tahun.

Dengan adanya contoh kasus pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan menunjukkan bahwasanya ada perhatian khusus dari pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. Anda pun wajib mendukung program dari pemerintah tersebut agar semuanya bisa terlaksana dengan lancar.


Share To:

MTJ Blog

Post A Comment:

0 comments so far,add yours